Sayangi laptopmu! Pengguna laptop wajib baca!

gambar hanya pemanis


Di artikel ini saya mau sharing sedikit pengalaman saya berhubungan dengan ‘penyakit’ laptop yang pernah saya alami: IC VGA, internal WiFi adapter, dan baterai. Ya, betul, ada 3 komponen disini yang akan menjadi bahasan di artikel ini.

Laptop yang saya pake ini keluaran tahun 2015, saya beli di 2017 dan alhamdulillah sampe artikel ini ditulis, dia masih mampu hidup wkwkw (jangan mati dulu lah ya, masih dipake nyusun TA).

Disini saya ga akan ngomongin merk/spek/dsb, tapi saya langsung jelasin aja kenapa bisa ada penyakit yang saya tadi sebut. Oke, yang pertama saya akan mulai di IC VGA. Sebelum saya pake laptop ini, laptop saya yang sebelumnya itu sempet rusak, terus diservice, lalu saya jual hahaha. Rusaknya kenapa? Ada salah satu IC (integrated circuit) dari VGA yang rusak jadi perlu dicari ‘kanibal’-nya dari laptop lain. Beruntung, ada teknisi yang bisa dapetin barang itu terus singkat cerita disolder deh ke mobonya. Beres dibenerin, dites, dan ternyata penyakitnya sembuh. Tapi, sampe disitu, saya ada pikiran buat ‘mending dijual aja lah ya, dari pada kambuh lagi’, dan saya akhirnya memutuskan untuk jual dan beli laptop yang sekarang ini. Nah, yang melatarbelakangi kenapa komponen VGA itu bisa rusak, itu karena saya ga pernah pake baterai dipenggunaan sehari-hari. Apalagi kondisi tempat saya itu sering mati listrik, yaa sudah bisa dipastikan, sebetulnya ga hanya komponen VGA, tapi storage semacam harddisk pun bisa kena.

Kenapa kok baterainya dicabut, ga dipake aja? “Katanya…”, ya, ini katanya ya.. laptop keluaran terbaru itu udah punya atau support fitur auto cut-off, dimana ketika kondisi baterai terisi penuh, sumber daya akan diambil melalui adapter/charger. Tapi, pengetahuan itu saya baru tau setelah pake laptop yang sekarang. Jadi, waktu pake laptop yang lama ini, saya cabut baterai aja, dan mungkin memang itu laptop keluaran sebelum 2015 (saya anggap laptop lama dan dia ga ada fitur auto cut-off).

Oke, sampe disini, penyakit pertama yang saya alami: ada IC VGA yang rusak karena sering mati listrik dalam posisi baterai tidak terpasang.

Berikutnya, baterai bocor. Pengetahuan tentang fitur auto cut-off saya terapkan nih di laptop yang sekarang. Jadi, dipenggunaan sehari-hari, saya tidak pernah lepas baterai, tapi dicolok 100% non-stop. Saya cuma gunain baterai ini kalo misal lagi ke kampus terus pindah-pindah ruangan, nah ini kan ribet banget cabut-colok adapter, jadi mau ga mau pake baterai deh. Dan setidaknya, sebulan sekali saya harus pake, sampai ya kurang lebih < 30%, tujuannya biar umur baterai itu panjang (saran dari orang).

Tapi ternyata… cara saya salah. Entah laptop saya ini memang belum support auto cut-off, atau kurangnya penggunaan baterai sehingga umurnya lebih sedikit. Disini saya ga akan cerita lebih detail sehingga ada yang menyimpulkan misalnya ‘baterai jenis ini cara merawatnya harus begini blablabla’. Singkat cerita, baterai bocor. Kapasitas dari 66000 Wh turun jadi 13000 Wh (kondisi saat ini). Dari satuan “Wh” (Watt Hour), katakan aja 60000 itu untuk 6 jam, kalo sisa 13000, berarti berdasarkan perhitungan, hanya bertahan 1 jam 30 menit bukan? Kenyataannya tidak demikian. Ga ada 10 menit, udah mati. Bener-bener drop total ini baterainya.

Penyakit kedua: baterai bocor karena *mungkin* jarang dipakai dan sering dicharge (tidak pernah dilepas)

Lanjut ke penyakit berikutnya, internal adapter Wifi dan Bluetooth. Loh? Kok internal adapter bisa rusak? Hmm jadi gini, rusak disini ada 2 macem, yang pertama, memang rusak karena penyakit bawaan ‘lahir’ alias menurut saya ga lolos quality control, dan yang kedua itu salah saya sendiri hahahaha (salah pas cabut adapter, jadi ada cincin yang kecil banget, putus).

Bawaan ‘lahir’? Iya betul. Saya udah coba troubleshooting ke forum-forum, bolak-balik instal aplikasi, konfigurasi di sistem operasi, nanya ke orang yang lebih ahli, dsb. Saya nyerah wkwk. Sampe disitu saya menyimpulkan kalo internal adapter ini ga lolos quality control. Gimana errornya? Saya tau dia punya penyakit karena ga bisa berperan sebagai transmitter. Kalau laptop connect ke jaringan Wifi, berarti fungsi dia sebagai receiver, bekerja. Nah sebaliknya. Laptop saya ini ga bisa jadi mobile hotspot. Artinya, dia ga bisa jadi transmitter. Saya coba bandingkan dengan external adapter dan bahkan laptopnya temen-temen. Dan bisa-bisa aja.

Penyakit ketiga: internal adapter wifi bluetooth rusak karena ga lolos quality control dan salah satu bagian ada yang copot karena ulah tangan saya sendiri.

Solusi dari penyakit kedua dan ketiga gimana?

Mau ga mau saya harus beli baterai laptop baru bukan? Dan adapternya pun begitu. Tapi, cari internal adapter itu ga semudah beli baterai. Yang saya pahami sampe sekarang, komponen internal itu hanya bisa diperoleh dari hasil ‘kanibal’. Maksudnya, saya bisa dapet barang yang jenisnya sama, dari laptop lain yang kondisinya sudah dikanibal alias semua-semuanya dilepas, ya dari RAM, HDD, bahkan sampai internal adapter yang saya mau cari ini. Kenapa di-‘kanibal’? ya karena udah ga memungkinkan buat diservice. Jadi laptop itu dijadiin bahan buat benerin laptop-laptop lain.

Untuk baterai, karena saya gregetan, saya buru-buru untuk beli di e-commerce. Harganya berkisar di 350rb. Dan untuk internal adapter, saya putuskan buat cari dan beli di mangga dua (jakarta).  Disana saya datengin tiap blok yang punya banyak ‘kanibal’-an. Setelah cukup lama muter-muter, dan alhamdulillah, akhirnya dapet. Saya dapet internal adapter dari laptop merk HP. Kata orang mangga duanya, ‘ini cocok nih mas, jumlah pin sama, lepasan dari laptop yang GEN-nya sama juga’. Beres dites, saya tertarik, saya bayar deh, dia minta 300. Mau ga mau ya karena saya butuh dan ini menurut saya vital banget. Yakali laptop ga bisa wifi-an ya kan?? Posisinya disini sebetulnya saya udah sempet beli external adapter, harganya lebih murah, sekitar 100rb, jangkauannya lebih luas, tapi, saya kurang suka karena ribet, harus colok di port usb, belum lagi kalo mau laptop-an di luar. Keberadaannya ga enak dipandang wkwkw.

Baterai udah beli. Adapter juga. Berarti penyakitnya udah sembuh dong? Eitss ga juga bro. Ternyata kedua penyakit tersebut kambuh lagi huhu. Baterai yang saya beli ternyata kapasitasnya ga sesuai. Tertulis 66000 tapi pas dicek lewat command prompt, cuma terbaca 57000. Kondisi baterai katanya baru, tapi kok kapasitasnya ga sesuai tulisan? Hmm sabar deh ya, anggap aja ini baterai KW. Apalagi belinya online, protesnya susah. Sellernya dichat cuma nanya ‘ga bisa ngecharge? ga bisa dipake?’. Dikira saya orang awam kali ya, yang beli baterai ngeceknya sekedar ngecek itu aja. Oke deh, kapasitas memang ga sesuai, tapi saya harap bisa dipake (charge) sesuai kapasitasnya. Dan ternyata tidak juga bro wkwkw sedih ga nih. Kondisi 100%, terus dipake, saya sisain sekitar 45% terus dishutdown. Jeda berapa jam, saya nyalain, masa jadi <10%. Panik ga? Panik ga? Paniklah masa engga. Gila ini saya bilang. Bener-bener ketipu. Ini ga sekali duakali. Saya bereksperimen berulang kali. Dan hasilnya sama. Saya juga udah coba cari-cari baterai yang lain (niatnya mau beli kalo emang sesuai) tapi ternyata banyak baterai di luar sana yang kondisinya 11 12 (kapasitas ga sesuai, padahal bilangnya baterai baru).

Begitupun halnya dengan adapter. Awal dipasang itu bisa wifi-an, bluetooth juga bisa, sampe ngehotspot pun bisa. Jalan bulan ke-4, problemnya mulai berasa. Kalo laptop udah on sekian jam, koneksi mulai lemot seakan koneksi internet down. Saya bandingin sama koneksi wifi dari smartphone, aman aman aja. Saya coba bandingin juga pake external adapter, di waktu yang bersamaan, ternyata aman. Berarti ga semua adapter dengan jenis dan tipe yang sama bisa cocok di laptop kita, sekalipun menurut logika harusnya sesuai. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kenapa komponen ini ga berfungsi dengan baik.

Ya pada akhirnya saya tarik kesimpulan: kalau kalian punya laptop yang masih sehat, rawat dari sekarang, detik ini saat ini juga, perlakukan dia layaknya makhluk yang bernyawa. Dipake setiap saat, dibawa begadang, buat nugas, buat online meeting, tapi ga pernah dibersihin keyboardnya (misal dilap debunya), atau perlakuan lain yang sekiranya bisa menyehatkan laptop, ya lakukan. Jangan nunggu terlambat sampe komponennya rusak terus baru nyesel. Karena kesimpulan saya selama berjuang benerin penyakit laptop ini: “Ga ada komponen yang lebih baik dibandingkan komponen bawaan laptop”.

Eh tapi ada aja ya, yang bilang: “Loh kan baterai dari tempat service center official itu ori bang?” atau “Kenapa ga dibawa ke service center bang? Kan IC VGA bisa aja dibetulin”. Service center setau saya ga pernah mau ganti komponen kecil kecil begitu. Mereka langsung ‘tembak’ ke client: “Mas, biaya servicenya sekian ya (harga mahal)”. Yakali aja, service laptop biayanya setengah harga baru (kira-kira), karena mereka gantinya mobo. Terus mobo yang rusak dikemanain? Singkatnya sih ada tempat di luar indo yang nampung itu, terus dibenerin lagi, terus dijual lagi, buat dipake di service center. Kaget ga? Saya awal denger sih kaget wkwkw. Kalau untuk baterai, saya dapet beberapa cerita langsung dari ‘orang’-nya. Katanya baterai di service center itu bukan asli dari pabriknya si laptop, tapi lebih ke apa ya istilahnya, jadi ada pabrik yang buat baterai baru gitu. Koreksi kalo saya salah ya, ga begitu paham. Ya intinya sih saya masih lebih percaya barang ‘baru’ yang nempel langsung sama laptop saat pembelian, daripada barang ‘baru’ yang kita beli dengan kondisi terpisah dari laptop.

Sekian artikel saya ini, semoga sharing pengalaman saya bermanfaat, ambil sisi positifnya, kalau ada yang salah mohon dimaafkan dan tolong dikoreksi. Akhir kata, terima kasih. Sampai jumpa di artikel berikutnya!